Bagaimana Mendidik Anak Gadis Masa Pubertas ?

Sebagai orang tua yang punya anak gadis memasuki usia remaja yang mengalami pubertas awal, apa yang harus dilakukan ? Bagaimana cara mendidik anak gadis masuk masa pubertas ? Artikel ini mencoba membahas mengenai hal-hal yang perlu dilakukan orang tua jika punya anak gadis remaja.
Mawar Mekar Ibarat Gadis Remaja

Bagaimana Cara Mendidik Anak Gadis Memasuki Masa Pubertas ?

Orang Jawa bilang bahwa punya anak gadis remaja bagaikan menaruh telur di pinggir dipan. Serba salah. Jika terlalu dikekang bisa-bisa jutru si anak 'mbedal' tak karuan. Jika dibiarkan bebas tanpa pengarahan, bisa-bisa si anak salah jalan, bagaikan telur jatuh dari dipan.

Masa pubertas adalah masa-masa anak baik laki maupun perempuan sedang mencari jati dirinya. Di saat-sat ini mulai ada ketertarikan terhadap lawan jenis. Pada masa-masa inilah si anak mulai merasa beranjak dewasa dan mulai 'memberontak', seakan-akan tidak mau diatur orang tua. Sebenarnya bukan masalah tidak mau diatur,namun lebih kepada masalah ingin menunukkan eksistensinya sebagai manusia yang merasa mulai menginjak dewasa.

Kesulitan masa awal-awal remaja ini adalah, bagi si anak, dia merasa sudah dewasa. Namun sebaliknya bagi si orang tua, tetap menganggap si anak adalah anak kecil. Karena itu perlu bagi orang tua untuk memahami kondisi ini.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua :

BEKALI PENDIDIKAN AGAMA

Agama berisi pesan moral penting bagi manusia. Agama juga mengajarkan dosa dan pahala, mengajarkan ganjaran dan ancaman. Karena itu sangat-sangat perlu bagi orang tua membekali anak dalam hal pendidikan agama. Namun yang penting lagi, bukan hanya mengajarkan agama. Tetapi juga memberi suri tauladan sesuai dengan norma-norma agama dan adat budaya. Orang tua menjadi teladan nomor satu bagi anak.

Pendidikan agama bukan hanya meliputi pengajaran formal saja, namun yang diperlukan bagi si anak adalah lingkungan agamis yang benar-benar bisa membentuk karakter anak. Bukan sekedar agamis dalam hal tatacara peribadahan lahiriah saja. Namun harus menukin tajam pada hal-hal yang bersifat substansial yang bisa diterima akal si anak.

Hal-hal yang bersifat akhlak moralitas dalam kehidupan. Ajarkan juga bahwa rumus kehidupan sebagai sunatullah adalah hukum sebab akibat. Apapun yang ditanam hari ini akan dituai kemudian. Jika benar dalam membawa diri maka akan bahagia namun jika sebaliknya maka akan menuai derita.

KOMUNIKASI YANG BAIK

Antara otang tua dengan anak gadisnya harus ada komunikasi yang baik. Baik dalam arti terbuka namun tentu saja tidak 'telanjang' benar. Ada hal-hal yang perlu disampaikan apa adanya, namun ada juga harus disampaikan dengan cara bijaksana. Salah satu yang perlu disampaikan adalah mengenai hal reproduksi wanita. Sampaikan dengan cara yang bijaksana, tidak fulgar, namun bisa membuat si anak mengerti akan resiko dan tanggung jawabnya sebagai seorang gadis.

Tunjukkan Resiko Sebagai Akibat Jika Salah Jalan

Berikunya lagi yang perlu ditekankan adalah pengetahuan akan adanya resiko yang akan dihadapi jika salah jalan. Mengapa ini perlu ditekankan ? Untuk membuat si anak menyadari bahaya dan kesengsaraan jika sampai salah jalan. Sehingga ada rasa 'takut' untuk berbuat yang belum waktunya.

Walaupun pendidikan agama sudah dibekalkan, namun itu belum cukup. Mengapa ? Salah satu alasannya adalah karena dalam agama sanksi berupa siksaan ketika melakukan dosa 'hanya' terjadi kelak di akhirat. Sehingga tidak terlihat saat melakukan dosa. Istilahnya tidak 'njendol'langsung, sehingga tidak menimbulkan efek takut yang dalam bagi anak.

Namun perlu disampaikan penjelasan yang gamblang bahwa ketika salah laku, mislnya seks pra nikah, maka ada beberapa akibat yang langsung menimpa si anak gadis. Akibat - akibat langsung itu adalah :
  • Bisa terkena penyakit berbahaya jika terkontaminasi pasangan yang berpenyakit kelamin
  • Penderitaan berupa kemurungan hati karena merasa sudah tidak suci lagi
  • Pukulan emosional yang dalam jika terjadi putus hubungan dengan sang pacar yang sudah pernah berbuat hubungan suami istri
  • Bahkan bisa mengalami depresi hebat, dll

Sekedar Nasehat Bagi Yang Punya Anak Gadis Terlanjur Kehilangan Mahkota Berharganya

Bagi orang tua, terutama dalam hal ini ibu, jika melihat tanda-tanda anak gadis anda murung selalu padahal sebelumnya ceria, atau tanda - tanda lain yang mencurigakan, dekati dan tanya dengan bijaksana. Cari keterangan apa masalah yang dihadapi. Jika benar bahwa dia telah salah langka, maka hadapi dengan bijaksana.

Janganlah membuat dia lebih depresi lagi. Ajarkan dia untuk bertobat. Ajarkan dia untuk memohon ampunan kepada Allah. Karena pada prinsipnya, siapapun yang mau kembali mohon ampun dan kembali mohon pertolonganNya maka tetap akan biberi jalan keluar.

Salah satu yang bisa meringankan beban si gadis adalah dengan sebisa mungkin memperbaiki organ kewanitaannya mendekati asalnya. Walaupun tidak bisa kembali seratus persen seperti semula, namun paling tidak ketika menikah kelak dia bisa menjalani malam pertama dengan bahagia.

Dalam hal ini apakah perlu kelak akan berterus terang keadannya kepada sang calon suami, tentu akan kembali ke nurani masing-masing.

Salah satu upaya memperbaiki organ intim gadis bisa dibaca di tautan https://www.kembaliperawan.info/2010/01/solusi-supaya-menjadi-perawan-kembali.html

Demikian artikel ini kiranya bermanfaat. Salam, Tiknan Tasmaun
Last Updated 2019-01-30T04:43:29Z


Terimakaih atas kunjungan Anda. Kiranya Allah memberkati.

Postingan Utama :

SOLUSI DAN CARA SUPAYA KEMBALI SEPERTI PERAWAN LAGI


Solusi dan cara supaya kembali seperti perawan lagi. Yaitu cara mengembalikan keperawanan secara mudah dan alami, merapatkan vagina dan memperbaiki selaput dara tanpa operasi sehingga dapat menjalani malam pertama seperti layaknya perawan lagi. Dengan "HERBAL KEMBALI PERAWAN" yang merupakan ramuan herbal sari rapet alami inilah yang menjadi solusi permasalahan organ kewanitaan Anda. Sangat cocok bagi gadis yang telah kehilangan keperawanannya maupun ibu-ibu yang mengalami vagina longgar. Herbal ini juga sangat efektif untuk mengobati keputihan. Baca selengkapnya

Artikel Terbaru :

PENGOBATAN KANKER SERVIKS (KANKER MULUT RAHIM)

Tentang pengobatan kanker serviks atau kanker mulut rahim secara tradisional. Berdasar pengalaman nyata penulis sendiri, pengobatan kanker serviks secara tradisional ini ternyata terbukti sangat efektif sehinggga penderita kanker serviks bisa sembuh total. Baca selengkapnya

Postingan Populer :

FACEBOOK :

Halaman Facebook :
HERBAL KEMBALI PERAWAN
My Facebook :
Tiknan Tasmaun

Website dan blog-ku yang lain :